Find Us OIn Facebook

MDNtimes.id - Ratusan buruh pabrik sepatu PT. Karya Mitra Budisentosa (KMB) menggelar unjuk rasa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madiun, Rabu (9/11/2022).

Sebelum berangkat ke gedung dewan, ratusan buruh itu berkumpul didepan pabrik sepatu yang beralamat di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun sambil membawa ragam poster curahan hati mereka.

Selesai menggelar orasi, para buruh berangkat ke gedung dewan dengan pengawalan ketat oleh anggota Polisi. Kedatangan para buruh itu disambut Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, didepan pintu masuk Aula Gedung Dewan. 

 "Kita kesini menuntut perusahaan untuk membayar upah yang belum dibayar tahun 2021 dan upah bulan september sampai sekarang. Karena perusahaan sekarang sedang proses PKPU," Ungkap Aris Budiono Ketua Serikat Buruh Madiun Raya (SBMR) yang mendampingi para buruh PT. KMB

Selain upah yang belum terbayar, menurut Aris, masih ada 3 tuntutan lagi dari para buruh diantaranya, sisa upah, sisa THR sama BPJS ketenagakerjaan.

 "Ada 4 tuntutan, sisa upah, sisa THR yang belum dibayar, upah yang belum dibayar serta BPJS ketenagakerjaan yang belum dibayar," jelas Aris.

Menanggapi itu, Bupati Madiun akan mendampingi para buruh agar mendapatkan hak yang semestinya mereka diterima.

 "Data-data yang dikasihkan ke kita tentunya akan kita kaji, kita pelajari, kita akan dampingi mereka," Tutur Bupati Madiun.

Bupati Madiun yang akrab dipanggil Kaji Mbing itu memastikan bahwa para buruh akan dapat pengawalan dari Disnaker agar persoalan para buruh ini cepat terselesaikan.

 "Disnaker nanti mengawal ketat perihal permasalahan ini sampai akhirnya permasalahan clear tidak ada gejolak lagi, haknya terpenuhi dan tidak membebani juga," tutup Kaji Mbing. (dep)



Previous Post Next Post