Puncak Arus Balik Lebaran 2023, Stasiun Wilayah Daop 7 Madiun Berangkatkan 14 Ribu Penumpang

Foto: Pelanggan Kereta Api saat memasuki Stasiun Madiun 


MDNtimes.id
- Lebaran tahun 2023 ini, Kereta Api menjadi salah satu transportasi umum pilihan ditengah padatnya arus lalu lintas saat melakukan mudik ataupun balik pasca perayaan Idul Fitri.

Karena, Kereta Api memiliki keunggulan dibanding transportasi darat lainnya yaitu, bebas macet, tepat waktu, nyaman, aman serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Hal itu terbukti saat puncak arus balik lebaran yang terjadi pada tanggal 25 April 2023 lalu. Jumlah pemudik yang menggunakn angkutan Kereta Api wilayah daop 7 Madiun sebanyak 14.044 penumpang.

Menurut Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto, situasi arus balik di wilayah Daop 7 Madiun mengalami peningkatan, tanggal 23 April kemarin jumlah penumpang sebanyak 11.362. Sedangkan ditanggal 24 April sebanyak 13.401 dan tanggal 25 April sebanyak 14.044 penumpang.

Mengatisipasi hal tersebut, KAI telah melakukan berbagai persiapan sehingga pelayanan kepada pelanggan KA yang diprediksi hinggal tanggal 3 mei mendatang dapat dilakukan dengan lancar. Dan juga menghimbau pelanggan untuk mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun.

 "Pelanggan KA dihimbau agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan, mengingat lalulintas di jalan raya juga padat. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal kereta," kata Supriyanto, Kamis (26/4/2023).

Saat ini, lanjut Supriyanto, masih tersedia beberapa tiket KA seperti KA Brantas, KA Singasari dan KA Bangunkarta. Selain itu KAI juga memberikan fasilitas tarif khusus yang cukup terjangkau untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan jarak pendek, seperti Madiun-Semarang, Madiun-jogja juga Madiun-Jombang. Adapun tiket tarif khusus bisa dibeli mulai 2 jam sebelum keberangkatan KA di KAI Access, selama tempat duduk masih tersedia.

Supriyanto, mengimbau agar para pengguna selalu memperhatikan aturan dan syarat barang yang boleh dibawa saat naik KA jarak jauh. Ukuran barang yang boleh dibawa saat naik KA dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Selain itu para pengguna tidak diperbolehkan membawa hewan, senjata api dan senjata tajam, barang yang mudah terbakar serta makanan yang berbau menyengat. Untuk informasi tentang KAI dapat dilihat melalui akun media sosial resmi @kai121_ atau kontak center 021 121. (Dodik)
Previous Post Next Post