Warga Madiun Ubah Batu Menjadi Karya Seni Bernilai Tinggi


MDNtimes.id
- Warga Kelurahan Patihan, Kota Madiun ini patut diacungi jempol. Pasalnya pria yang akrab dipanggil Gunarto itu memiliki keahlian memahat patung dari batu.

Pekerjaan yang tidak sembarang orang bisa itu, ditekuni Gunarto sejak 12 tahun silam. Awalnya, Gunarto memulai pekerjaan memahat patung itu dari kegemarannya membuat Relief taman.

Dengan ketrampilan yang ia miliki, kini Gunarto berhasil membuat puluhan patung 3 dimensi dengan beragam karakter binatang. Seperti, Gajah, Macan serta binatang lainnya.

Tidak hanya jago dengan karakter binatang, Gunarto kini sedang memahat patung Icon Kota Madiun, yaitu patung pendekar.

"Ini saya sedang mengerjakan patung pendekar salah satu icon Kota Madiun pesanan dari Dinas Perkim Kota Madiun," ungkap Gunarto, Sabtu (7/10/2022) siang di kediamannya.

Menurut Gunarto, setiap patung dari hasil ketrampilan tangannya itu harganya bervariasi dari jutaan hingga puluhan juta rupiah, tergantung ukuran dari besar kecilnya patung.

"Kalau harga, tiap patung beda-beda tergantung ukurannya. seperti gajah besar ini 15 jutaan. Kata pelanggan, harga patung disini murah dibanding kota lain," ungkapnya.

Selama ini Gunarto, memahat patung-patung itu sendiri, dirinya enggan memiliki karyawan untuk membantu pekerjaannya. Menurut Gunarto, memahat patung butuh orang yang memiliki jiwa seni.

Gunarto berharap, pelaku seni khususnya pemahat patung seperti dirinya tersebut mendapat perhatian dari pihak terkait. (DEP)
Previous Post Next Post