Outdoor Class! Salah Satu Cara Kepala Sekolah Dasar di Ngawi Untuk Membentuk Karakter Siswa

Foto: Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paras 1 saat mengikuti outdoor Class di Tempat Wisata Tawun. Dok. SDN Paras 1

MDNtimes, Ngawi - Dalam meningkatkan kreativitas serta membentuk karakter siswa-siswinya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paras 1, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi mengadakan outdoor class, Kamis (19/10/2023).

Outdoor class yang dilakukan oleh pihak SDN Paras 1 itu bisa dibilang sebuah hadiah berharga bagi siswa-siswinya untuk bisa menghilangkan rasa penat dan stres selama mereka mengikuti pelajaran dalam kelas.

Pasalnya, Outdoor class merupakan suatu metode pembelajaran di mana aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas atau luar sekolah. Lokasi yang sering menjadi tujuan outdoor class sendiri biasanya seperti kebun ataupun taman yang mana tempat-tempat itu menjadi tempat yang nyaman untuk anak-anak.

Seperti yang disampaikan Kepala SDN Paras 1, Sri Hartini, tujuan dari outdoor class selain untuk membentuk karakter siswa juga sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka dalam memberikan pembelajaran yang berpihak pada siswa.

Foto: Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paras 1 , Sri Hartini

 "Tujuan outdoor class yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka yang memberikan pembelajaran yang berpihak pada siswa serta membentuk karakter siswa melalui game out bond yang diikuti oleh siswa seperti game "Math Puzzle" , Estafet bola, pingpong yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berkolaborasi dengan temannya," kata Sri Hartini, Jumat (20/10/2023).

Selain itu, Kata Sri Hartini, outdoor class juga bisa dijadikan pihak sekolah untuk memperkenalkan wisata lokal yang ada di Kabupaten Ngawi kepada anak didiknya.

 "Selain itu memberikan pengalaman pada siswa terkait wisata lokal Ngawi sekaligus belajar sambil refreshing," tambahnya.

Menurut Sri Hartini, anak didiknya sangat antusias saat mengikuti outdoor class yang dilaksanakan di Taman Wisata Tawun dan Benteng Pendem Ngawi kemarin.

 "Anak-anak sangat antusias mengikuti setiap pelajaran yang diberikan oleh gurunya," tutupnya. Dodik
Previous Post Next Post