Profil Mantan Bupati Ngawi Budi Sulistyono "Kanang" Caleg DPR RI Lulusan UGM

Foto: Mantan Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau yang akrab dipanggil Kanang yang saat ini Caleg DPR RI Jatim Dapil 7. Dok Istimewa


NGAWI, MDNtimes.id - Mantan Bupati Ngawi 2 periode, Budi Sulistyono, atau yang akrab disapa Kanang saat ini mencalonkan Dewan Perwakilan Rakayat (DPR RI) Dapil Jawa Timur 7 (Kab. Magetan, Kab. Ngawi, Kab. Pacitan, Kab. Ponorogo, dan Kab. Trenggalek).

Sebelum sukses memimpin Kabupaten Ngawi selama 2 periode, Pria kelahiran 18 Juli Tahun 1960 itu sejak muda memiliki kemauan kuat membahagiakan kedua orang tuanya. Semangat Kanang itu terlihat sejak usianya menginjak 15 tahun.

Kanang kecil mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Margomulyo dan lulus pada 1972 silam dan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ngawi lulus tahun 1975.  

Kanang yang saat itu masih berusia 15 tahun, memilih Kota Pahlawan untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya tinggal bersama saudaranya. Tiga tahun lulus, kanang melanjutkan kuliah di kota Gudeg Yogyakarta.

Pria yang juga kerap dipanggil Mbah Kung itu, diterima di Universitas Gajah Mada (UGM) dan lulus pada tahun 1988 menjadi Sarjana Teknik. Setelah lulus, Kanang mulai didunia kerja dengan magang disalah satu perusahaaan.

Karena memiliki kecerdasan diatas rata-rata, pada tahun 1995 Kanang dipercaya menjadi kepala divisi Utilitas PT Samarinda Pratama Gemilang Enterprise. Tidak berhenti disitu, Kanang yang memiliki dasar pendidikan Teknik di UGM itu akhirnya menjadi bagian dari PT. INKA Madiun sebagai kepala bagian estimasi harga .

Kanang terjun didunia politik gabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Pro mega (PDI Pro mega ) pada tahun 1999 menjabat sebagai wakil ketua satgasus, di tahun yang sama beliau mengikuti penjaringan dan terpilih sebagai Ketua DPC PDI wilayah Kabupaten Ngawi, Kanang saat itu sempat menjadi wakil Bupati mendampingi Harsono sebelum akhirnya menempati kursi Bupati Ngawi dengan masing-masing 2 periode masa jabatan.

Keberhasilan Kanang itu tidak lepas dari dukungan sang istri, Sri Eko Rustiyanti, wanita yang selalu setia menemani Kanang hingga dikaruniai anak Vembyantika Listyan Pramesti.

 "Pencalonan Mbah Kung di DPR RI Dapil Jatim 7 itu keinginan beliu untuk melanjutkan pengapdiannya ke masyarakat. Kami selaku tim relawanya setiap hari turun ke warga-warga untuk mensosialisasikan program-program Mbah Kung," kata Agung Saptono, salah satu Relawan Kanang saat ditemui di Kecamatan Karangjati, Ngawi, Minggu (22/1/2024). Dodik
Previous Post Next Post