Kios Pasar Besar Madiun dijual Hingga Rp 75 Juta, Disperindagkop - UM: Diluar Kewenangan Kita

Pasar Besar Madiun (foto: Dodik MDNtimes)

MADIUN, MDNtimes.id - Kios-kios di Pasar Besar Madiun dijual belikan oleh beberapa pedagang yang menempati aset milik Pemerintah Kabupaten Madiun itu.

Dari hasil keterangan beberapa pedagang, harga setiap kios yang ada didalam Pasar Besar Madiun mencapai puluhan juta rupiah.

 "Ada mas 3 kios yang mau dijual, harganya minta Rp200 juta. Posisi kiosnya gandeng," ungkap N salah satu pedagang sambil menunjukan kios yang akan dijual.

Selain N, Pedagang lain yang mengaku menempati 4 kios di pasar besar madiun juga menawarkan 1 kios miliknya. Dirinya mengatakan, kios miliknya itu dijual dengan harga Rp75 juta rupiah.

 "Kalau saya punya 4 kios, yang 2 saya tempati sendiri dan yang satu sudah dikontrak orang Tulungagung. masih satu kalau jenengan tumbas pareng, regine Rp75 (Masih satu kalau kamu beli boleh, hargane Rp75 juta rupiah)," ungkapnya, saat MDNtimes seolah ingin membeli kios tersebut.

Menanggapi itu, Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindakop UM) Kabupaten Madiun Erni Suryani mangaku selama ini tidak mengetahui terkait kios yang diperjual belikan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindakop UM) Kabupaten Madiun Erni Suryani, saat ditemui di ruangannya. (Foto: Dodik MDNtimes)

 "Kalau dijual belikan secara uang itu diluar kewenangan kita. Tapi kalau dijual sampai ada nominal memang sebenarnya saya enggak setuju," ungkap Erni, mantan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar saat ditemui diruangannya, Jumat (32/3/2023).

Selaku Kabid Pasar, Erni mengaku tidak bisa melakukan apa-apa karena tidak ada regulasi yang mengatur "Kalau diregulasi untuk menegur itu kita tidak ada," jelas Erni.

Dari keterangan Erni, saat ini ada ratusan kios di Pasar Besar di Madiun yang tidak beroperasi. Dari total 684 kios yang ada, hanya 411 yang buka. Untuk Los Pasar, dari total 550 Los yang ada, hanya 310 los yang buka sedangkan 240 los lainnya juga tidak ada aktifitas.

 "Ini sekarang kios yang buka 411, yang tutup 273 kios. Untuk los pasar yang buka 310 yang tutup 240 los," tambah Erni. (Dodik)



#Pasar Besar Madiun #Jual beli Kios # Disperindagkop - UM
Previous Post Next Post