Menteri ATR/BPN Serahkan Ribuan Sertipikat Aset Milik Pemerintah Kabupaten Madiun

Bupati Madiun Ahmad Dawami saat menerima Sertipikat aset Pemkab dari Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (Foto: Dodik MDNtimes)

MADIUN, MDNtimes.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, menyerahkan 1.407 Sertipikat aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun bertempat di Pendopo Muda Graha, Selasa (28/3/2023).

Selain menyerahkan Sertipikat milik Pemkab, Hadi Tjadjonto juga menyerahkan 4 bidang aset milik Pemprov, 35 bidang aset milik  BMN serta 13 bidang aset milik PLN. Selesai menyerahkan sertipikat di Pendopo Muda Graha , mantan Panglima TNI itu kembali menyerahkan 22 Sertipikat Wakaf bertempat di Masjid At Taqwa, Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan.

 "Tadi saya menyerahkan Sertipikat aset milik Pemerintah Kabupaten madiun. Kemudian saya melaksanakan penyerahan Sertipikat tanah Wakaf di Desa Banjarsari Wetan," tutur Hadi Tjahjanto, saat release pers di Masjid At Taqwa.

Penyerahan Sertipikat aset milik Pemkab maupun Sertipikat tanah wakaf itu menurut Hadi Tjahjanto, sebagai peran Pemerintah dalam memberikan kepastian hukum hak atas tanah aset Pemerintah dan juga rumah-rumah ibadah tanpa terkecuali dan diskriminasi. 

 "Tujuannya seperti yang disampaikan bapak Presiden, bahwa kita menjamin kebebasan umat untuk beragama dengan aman. Presiden juga menyampaikan beribadah itu dilindungi Konstisusi," jelas Hadi Tjahjanto.

Ditempat yang sama, Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan bahwa semua tanah di Kabupaten Madiun sudah dilakukan pengukuran sejak tahun 2020. Saat ini pihak Pemkab tinggal mengejar sertipikat aset jalan dan sungai.

 "Kita targetkan di tahun 2020 kemarin semua pengukuran. Jadi, kalau pengukuran di Kabupaten Madiun itu sudah lengkap. Dengan pengukuran lengkap ini potensi konflik sudah sangat rendah sekali," tutur Bupati Madiun selesai mendampingi Menteri ATR/BPN menyerahkan sertifikat di Masjid At Taqwa.

Untuk tahun ini, lanjut Bupati Madiun, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sedang mengejar 1.059 bidang aset yang belum bersertipikat seperti jalan dan sungai.

 "Target tahun ini terkait aset Pemerintah Daerah.Kalau aset Pemerintah Daerah kurang 1059, targetnya tahun ini selesai," tutup Bupati Madiun. (Dodik)


#Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto #BPN Kabupaten Madiun #Sertipikat #BPKAD Kabupaten Madiun
Previous Post Next Post