PISEW Tahun 2023, Dua Puluh Delapan Desa di Madiun Mendapatkan Anggaran 7 Miliar

Pembahasan PISEW di ruang rapat Dinas Perkim yang diikuti Kepala Desa yang mendapatkan PISEW 2023 (foto: Dokumentasi Perkim)

MADIUN, MDNtimes.id - Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggelontorkan anggaran miliaran rupiah dalam Program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) tahun 2023.

Program PISEW tersebut, tujuan untuk melakukan peningkatan sosial ekonomi wilayah melalui pembangunan infrastruktur baru berskala Kawasan dengan melalui pendekatan partisipasi masyarakat.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman (Kabid Perkim) Kabupaten Madiun, Andy Koerniawan menuturkan, tahun 2023 ini Kabupaten Madiun mendapatkan kuota 7 miliar rupiah dalam program PISEW tersebut yang akan dilaksanakan 28 desa melalui swakelola.  

 "Tahun ini seluruh kecamatan di Madiun mendapatkan program PISEW. Setiap Kecamatan itu mewakili dua desa. Jadi total ada 28 desa yang akan melaksanakannya," ungkap Andy Koerniawan, saat ditemui di ruangannya Kamis (17/3/2023).

Andy menjelaskan, ada beberapa jenis infrastruktur dalam kegiatan PISEW 2023 ini diantaranya, jalan, jembatan, tambatan perahu dan bangunan pasar. Meskipun swakelola, dalam pelaksanaan kegiatan akan didampingi oleh Fasilitator Masyarakat (FM) yang memiliki latar belakang teknik sipil.

 "Jenis infrastruktur sudah ada Juknisnya, tidah boleh keluar dari juknis tersebut. Jadi ada jalan, Jembatan ada pembangunan pasar dan tambatan perahu khusus untuk kawasan pantai. Diluar itu tidak bisa," jelas Andy.

Program tersebut, lanjut Andi, saat ini sudah sampai tahap menyusun jadwal rencana kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Antar Desa (KKAD) bersama pendamping.

 "Realisasinya bulan Maret ini sampai Oktober. Kalau hari ini tahapannya sudah sampai penyusunan jadwal rencana kegiatan," tutupnya. (dep)
Previous Post Next Post