Berikut 5 KA Baru yang Akan Beroperasi Bulan Depan, Namanya Diambil Dari Nama Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

MDNtimes.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambahkan 5 Kereta Api (KA) baru untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam mobilitas transportasi.

Seluruh KA baru itu mulai beroperasi pada 1 Juni 2023 mendatang. Diantaranya, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir, KA Pandalungan relasi Gambir - Jember, KA Argo Merbabu relasi Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng, KA Manahan relasi Gambir - Solo Balapan dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solo Balapan.

Untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari dari 9 kereta eksekutif. KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 kereta eksekutif serta KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi. 

Menurut Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, tahap awal, KA Pandalungan, KA Manahan, dan KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan. Sementara KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

 "Pengoperasian 5 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," kata Supriyanto, Selasa (17/5/2023).

Untuk semakin menarik minat pelanggan, lanjut Suprianto, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp250 ribu, KA Pandalungan seharga Rp300 ribu, KA Argo Merbabu Rp200 ribu, KA Manahan seharga Rp200 ribu serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30 ribu dan kelas ekonomi Rp20 ribu. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

Bagi masyarakat khususnya yang berdomisili di Jawa Timur yang hendak berangkat ke Jakarta pada siang hari jika sebelumnya belum tarakomodir, KA Argo Semeru menawarkan rute Surabaya Gubeng - Madiun - Yogyakarta - Purwokerto - Cirebon - Gambir pp, pada kelas eksekutif. 

 "Kereta Argo Semeru berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng 09.95 WIB, Jombang 09.56 WIB, Kertosono 10.10 WIB, Madiun 11.03 WIB, Yogyakarta 12.53 WIB dan sampai Stasiun Gambir, pukul 19.40 WIB," jelasnya.

Sedangkan KA Pandalungan, kata Supriyanto, menawarkan rute baru dari Gambir - Jember, pada kelas eksekutif. Rute ini merupakan rute perdana yang menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh. 

Sementara, KA Argo Merbabu, KA Manahan, dan KA Banyubiru menawarkan alternatif perjalanan kereta api kelas eksekutif pada rute-rute favorit yang telah ada sebelumnya. 

Terkait 5 nama KA yang akan beroperasi itu, Supriyanto menjelaskan, nama KA Pandalungan adalah nama sub suku di Madura yang mendiami daerah Tapal Kuda di Jawa Timur di luar Pulau Madura yang merupakan wilayah utama suku Madura. 

Adapun nama KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu diambil dari nama gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa. Sementara, KA Banyubiru terinspirasi dari nama kawasan di sekitar Ambarawa, adapun KA Manahan terinspirasi dari sebuah stadion sepak bola yang megah dan menjadi ikon Kota Surakarta.

 "Dengan penamaan tersebut, diharapakan kelima kereta api tersebut dapat sukses dan besar serta dapat memberikan pelayanan yang terus meningkat bagi masyarakat,” kata Supriyanto.

Untuk info selengkapnya terkait pengoperasian 5 kereta api baru ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

 "Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat," tutup Supriyanto. (Dodik).
Previous Post Next Post